Perilaku konsumen waralaba lokal dan asing

Perilaku konsumen waralaba lokal dan asing
Perilaku konsumen waralaba lokal dan asing -Konsumen adalah raja. Inilah ungkapan yang sering dikemukakan oleh produsen. Ungkapan di atas tidaklah berlebihan, karena konsumen adalah satu elemen penting dalam sistem perekonomian modern. Sebaik apa pun kualitas produk yang dihasilkan produsen, sehebat apa pun pelayanan yang akan diberikan produsen, barang dan jasa tidak akan dibeli konsumen jika konsumen tidak membutuhkannya. 

Konsumen sebagai raja memiliki makna bahwa produsen harus memahami kebutuhan konsumen, keinginannya, dan harapannya. Selanjutnya, produsen hendaknya membuat barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan konsumen tersebut.Jumlah perusahaan waralaba di Indonesia kini ada 290 buah, namun hanya 47 perusahaan yang waralaba lokal. Sisanya perusahaan asing. Omzet seluruh perusahaan ini per tahunnya lebih dari Rp 1 triliun yang sebagian besar dinikmati waralaba asing. 

Bisnis makanan dipercaya merupakan salah satu dari sekian banyak bisnis yang tidak terlalu terkena imbas krisis. Sebabnya, semua orang butuh makanan, sehingga otomatis pasti dicari orang. Sekarang tinggal bagaimana mengemas bisnis tersebut, sehingga mampu dijual. Tujuan Penelitian ini adalah 1.Untuk mengetahui segmen potensial pembeli produk waralaba asing dan waralaba lokal. 2. untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk waralaba asing dan waralaba lokal.

Pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini mengunakan metode Accidental Sampling yaitu metode pengambilan sampel secara kebetulan, dengan melakukan wawancara terhadap konsumen yang membeli produk di Mc Donald’s dan ES TELER 77. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 90 orang yaitu 45 orang untuk konsumen McDonald’s dan 45 orang untuk konsumen ES TELER 77. 

Jumlah diatas didasarkan pada tiga kali variabel yang ada. Dalam hal ini variabel penelitian berjumlah 15. Pada penelitian ini analisa data yang digunakan adalah analisa statistik. Analisa statistik yang digunakan adalah analisis faktor. Analisis faktor pada prinsipnya digunakan untuk mereduksi data, yaitu proses untuk meringkas sejumlah variabel menjadi lebih sedikit dan menamakannya sebagai faktor.

Segmen potensial pembeli produk McDonald’s adalah sebagai berikut, mayoritas konsumen McD adalah wanita. Konsumen yang datang didominasi oleh konsumen berusia 21-30 tahun. Konsumen McD didominasi oleh konsumen yang berpendidikan S1 atau yang sedang kuliah S1. Konsumen McD didominasi oleh konsumen yang berstatus mahasiswa. Mayoritas konsumen McD mempunyai pendapatan sendiri atau pendapatan keluarga berkisar antara Rp. 1.500.000 – Rp.3.000.000.

Segmen potensial pembeli produk ES TELER 77 adalah sebagai berikut, mayoritas konsumen ES TELER 77 adalah wanita. Konsumen yang datang berusia 21-30 tahun. Konsumen McD didominasi oleh konsumen yang berpendidikan S1 atau yang sedang kuliah S1. Konsumen ES TELER 77 didominasi oleh konsumen yang berstatus mahasiswa. Mayoritas konsumen ES TELER 77 mempunyai pendapatan sendiri atau pendapatan keluarga berkisar antara Rp. 1.500.000 – Rp.3.000.000.

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk McDonald’s adalah Faktor kenyamanan tempat yang terdiri dari variabel pelayanan memuaskan, penyajiannya memuaskan, informasi dari diri sendiri, tempatnya nyaman, dan tempat parkirnya luas. Faktor promosi yang terdiri dari variabel informasi dari keluarga, informasi dari brosur, informasi dari media massa, informasi dari papan nama, informasi dari teman, dan informasi dari tetangga. 

Faktor harga yang terdiri dari variabel ada diskon pasti datang, ada diskon pada waktu tertentu, dan fasilitas hiburannya memuaskan. Faktor kestrategisan tempat yang terdiri dari variabel mudah dijangkau dan dekat dengan pusat perbelanjaan, rasa yang khas, dan delivery order. Faktor produk yang terdiri dari variabel kehigienisan terjamin, dan harga terjangkau. Faktor kelengkapan menu yang terdiri dari variabel menu lengkap.

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk ES TELER 77 adalah Faktor promosi yang terdiri dari variabel informasi dari media elektronik, informasi dari media massa, informasi dari tetangga, informasi dari brosur, informasi dari keluarga. Faktor produk yang terdiri dari variabel kehigienisan terjamin, pelayanan memuaskan, penyajian memuaskan, rasa yang khas. 

Faktor kelengkapan menu dan fasilitas terdiri dari variabel menu lengkap, dan variabel fasilitasnya memuaskan. Faktor diskon dan souvenir terdiri dari variabel ada diskon pasti datang, souvenir, dan ada diskon pada waktu tertentu. Faktor tempat yang terdiri dari variabel tempat parkir yang luas, dan delivery order. Dan Faktor harga yang terdiri dari variabel harga terjangkau dan variabel rasa yang enak. 

Dari penelitian ini penulis dapat memberikan saran untuk McDonald’s dan ES TELER 77 agar lebih sering memberi diskon atau potongan harga, serta memberikan harga yang terjangkau bagi konsumen. Hal ini dikarenakan konsumen terbanyak McDonald’s dan ES TELER 77 adalah pelajar dan mahasiswa, dimana keuangan mereka terbatas dan masih diatur oleh orang tua.